Durasi yang Ideal dan Aman saat Anak Bermain Handphone dan Menonton Televisi

Durasi yang Ideal dan Aman saat Anak Bermain Handphone dan Menonton Televisi

Durasi Yang Ideal dan Aman Saat Anak Bermain Handphone dan Menonton Televisi - Sebagai orang tua, perlu menyimak durasi yang ideal untuk anak untuk menyaksikan Televisi atau main Hp. Sebab di samping dua pekerjaan itu, anak kamu pun harus melakukan kegiatan lain yang berfungsi untuk mengembangkan diri mereka, contoh main dengan rekan sebaya, berolahraga, menggarap tugas sekolah, dan istirahat. Karena menurut keterangan dari American Academy of Pediatrics (AAP), masing-masing jenjang umur anak mempunyai durasi yang bertolak belakang untuk menyaksikan Televisi atau bermain Hp.

Bagi bayi berusia 18 bulan, dan di bawah umur tersebut, usahakan tidak diserahkan waktu menyaksikan Televisi atau main Hp sama sekali. Orang tua pun diinginkan tidak mengerjakan dua kegiatan tersebut ketika sedang berinteraksi dengan bayi. Hal ini penting dilaksanakan karena suara dan cahaya dari layar Televisi atau Hp dapat mengganggu pertumbuhan pikiran bayi dan hubungan yang sehat antara orang tua dan anak.

Selanjutnya, untuk anak berusia 2-5 tahun, durasi menyaksikan Televisi dan main Hp mesti diberi batas selama satu jam per hari. Sedangkan untuk anak berusia 6 tahun ke atas, ortu dapat menilai sendiri durasi dari dua pekerjaan itu, dicocokkan dengan banyaknya kegiatan anak dalam satu hari, dengan tetap memantau acara dan konten yang disaksikan anak.

Durasi yang Ideal dan Aman saat Anak Bermain Handphone dan Menonton Televisi

Menonton Televisi atau main Hp dengan durasi yang berlebihan dapat membuat anak bersikap pasif, tidak berpartisipasi dalam kehidupan sehari-hari dan tidak memahami sebab-akibat dari perilakunya Televisi orang lain. Hal ini bisa berdampak pada nilai yang tidak cukup memuaskan di sekolah, tidak cukup tidur, bahkan masalah pada sikap anak. Karena orang tua seharusnya memutuskan durasi menyaksikan Televisi atau main Hp untuk anak.

Namun, meskipun sudah menata soal durasi, orang tua usahakan pun tidak tidak mempedulikan anak mempunyai kontrol sendiri Televisi atau Hp. Misalnya, dengan membudayakan anak meminta izin terlebih dulu sebelum mengerjakan dua kegiatan tersebut dan merealisasikan aturan tentang kapan dan di mana anak dapat menonton Televisi atau main Hp. Orang tua dapat juga mendampingi mereka! Dengan begitu, kamu dapat memberikan penjelasan tentang hal-hal yang tidak dimengerti anak dan mengajari anak guna tidak melalaikan orang-orang di sekitarnya walaupun sedang mengerjakan dua pekerjaan tersebut.

Bermain Hp juga dapat memberikan untung tersendiri untuk perkembangan anak dalam belajar. Demikianlah postingan kali ini tentang Durasi yang Ideal dan Aman saat Anak Bermain Handphone dan Menonton Televisi. Semoga berguna dan bermanfaat.

0 Response to "Durasi yang Ideal dan Aman saat Anak Bermain Handphone dan Menonton Televisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel