Cara Membangun Network untuk Mahasiswa

Cara Membangun Network untuk Mahasiswa

Cara Membangun Network untuk Mahasiswa - Selain untuk menuntut ilmu, masa perkuliahan adalah waktu yang tepat untuk kamu untuk membangun relasi kerja atau network. Bukan tanpa alasan, networking yang luas dapat menolong kamu supaya tidak kesulitan dalam menggali relasi guna mengembangkan karier di masa depan. Lalu bagaimana cara membangun networking yang baik? Berikut ini rangkumannya untuk kamu.


1. Gunakan LinkedIn

LinkedIn merupakan situs profesional yang banyak digunakan untuk mencari pekerjaan. Namun tidak hanya itu, di situs ini kamu juga dapat membangun jaringan pertemanan yang luas. Dilansir dari The Balance Career (2018), melalui situs LinkedIn, kamu dapat berteman dengan para profesional dan perusahaan yang dapat menunjang karier kamu di masa depan. Agar network semakin luas, jangan lupa atur akun profil LinkedIn sebaik dan selengkap mungkin sehingga orang lain juga akan tertarik untuk memiliki koneksi dengan kamu.


2. Jalin Komunikasi dengan Senior atau Dosen di Fakultas

Selain memiliki teman dari satu kelas, cobalah untuk membangun network dengan senior atau dosen kamu di kampus. Bukan tanpa alasan, koneksi serta pengalaman yang dimiliki oleh senior dan dosen, dapat membantu kamu untuk memiliki bayangan akan dunia kerja. Tidak hanya itu, membangun hubungan yang baik dengan mereka dapat membuat kamu memiliki kesempatan untuk dikenalkan pada networking yang dimiliki. Siapa tahu, suatu saat salah satu dari koneksi kamu merekomendasikan pekerjaan yang kamu inginkan selama ini. Menarik, bukan?


3. Aktif dalam kegiatan Nonakademis

Banyaknya tugas di kampus sering kali membuat mahasiswa lelah dan akhirnya menjadi kupu-kupu (kuliah-pulang). Jika kamu masuk dalam kategori mahasiswa kupu-kupu, maka mulai sekarang cobalah ubah hal tersebut dengan mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan di fakultas atau kampus seperti organisasi atau kepanitiaan. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, kamu dapat memiliki lebih banyak teman dari berbagai latar belakang yang tentunya dapat memperluas networking, wawasan, serta perspektif kamu. Bukan tidak mungkin, satu acara yang kamu ikuti akan membuka kesempatan lain yang jauh lebih besar.


4. Mengikuti Magang

Cara lain yang dapat kamu coba untuk membangun networking adalah dengan mengikuti magang. Selain untuk melatih agar terbiasa dengan dunia kerja, mengikuti magang akan membuat kamu mengenal lebih banyak profesional di bidangnya, sehingga koneksi akan semakin luas. Tidak hanya itu, pengalaman magang kamu juga dapat dicantumkan di CV sehingga ketika melamar pekerjaan, pihak perusahaan dapat melihat kamu sebagai tenaga kerja yang berpengalaman.


5. Memanfaatkan Sosmed

Tidak hanya untuk berkomunikasi, media sosial saat ini dapat dimanfaatkan untuk membangun koneksi dengan perusahaan-perusahaan favorit kamu. Caranya, kamu dapat mengikuti berbagai media sosial yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan mendapatkan berbagai informasi terbaru di-update. Dari informasi tersebut, kamu dapat menemukan tawaran magang, freelance, sampai lowongan kerja yang sedang dibuka oleh perusahaan.

Cara Membangun Network untuk Mahasiswa

Dengan berbagai keuntungan dari networking yang luas, kini kamu tentu semakin bersemangat untuk membangunnya, bukan? Ingat, dalam membangun koneksi yang luas, tanamkan rasa percaya diri dan gunakan sikap yang baik agar semakin banyak orang ingin memiliki relasi dengan kamu.

0 Response to "Cara Membangun Network untuk Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel